RSS
email

Kingston SSDnow M Series

Kingston SSDnow M Series
Masa depan SSD yang cerah jelas menguntungkan pabrikan chip storage untuk bisa memasok pasar yang selama ini didominasi produsen harddisk cakram konvensional. Untuk mulai menggarap segmen harddisk SSD inilah, Kingston telah menyiapkan dua jenis SSD ukuran 2,5”: seri E sebagai kelas elit untuk kebutuhan server dan seri M sebagai mainstream dengan kinerja cepat untuk keperluan desktop ataupun mobile. Seri M berkapasitas 80GB (SNM125-S2) inilah yang sempat kami coba.

Dari nama produk “SSDnow”, kelihatan sekali jika Kingston berambisi menjadikan SSD sebagai penyimpan data masa depan yang bakal menggusur harddisk cakram dari pasaran. Perkembangan pesat notebook juga turut memacu pasar SSD semakin besar. Apalagi SSD memiliki keunggulan pada kapasitas yang bisa bertambah besar tanpa harus menyesakinya dengan komponen mekanis yang rentan rusak. Pada badan SSDnow M Series dari Kingston ini juga tertempel logo Intel karena memang memakai SSD yang sama dari Intel yang lebih dikenal dengan seri X25-M.

Mengingat SSDnow M Series memakai dapur pacu X25-M dari Intel, kinerjanya tentu saja sama. Dengan tingkat IOPS (input-output per second) yang tinggi memungkinkan SSDNow seri M memiliki waktu booting dan menjalankan aplikasi dengan lebih cepat dibandingkan harddisk model cakram. Chip MLC (Multi-Level Cell) membuat kemampuan baca perangkat ini menjadi sangat tinggi (250 MB/detik). Sayangnya, proses menulis perangkat ini hanya sekitar sepertiga kinerja bacanya. Meski mampu melesat cepat, harga yang amat mahal membuat produk ini masih lebih cocok untuk kalangan korporat. Dalam waktu dekat, Kingston dikabarkan juga akan memroduksi seri V yang lebih terjangkau untuk kalangan end-user.

Hasil Uji HD Tach 3.0.4.0
Random Access
CPU Utilization
Average Read
Burst Speed
: 0,1ms
: 4%
: 217,3 MB/detik
: 250,5 MB/detik


Spesifikasi Kingston SSDnow M Series (SNM125-S2/80GB)
Interface
Kapasitas
Buffer Cache
Seek Time(avg)
MTBF
Bobot (g)
Garansi
Situs Vendor
Harga kisaran *
: SATA II
: 80 GB
: Tidak ada
: -
: 1,2 juta jam
: 80
: 1 tahun
: www.kingston.com/ssd
: US$700
* Kingston Technology * Minggu pertama Mei 2009

Skor Penilaian
Kinerja
Fasilitas
Penggunaan
Harga
Skor Total
: 4,5
: 4
: 4,25
: 2
: 3,8

Plus : Ringan, pembacaan data sangat cepat, tahan banting, hemat energi.
Minus : Harga amat mahal, kinerja tulis data kurang maksimal.


** Sumber: http://www.infokomputer.com

Bookmark and Share

0 komentar:

Post a Comment